Rahasia Hidup Bahagia atau Hancur dengan Membandingkan

Anda bisa menjadi orang yang sangat berbahagia karena membandingkan. Tetapi hidup Anda juga bisa hancur lebur karena perbandingan. Bagaimana Anda dapat memanfaatkan perbandingan dengan baik? Berikut adalah email yang saya terima dan pasti bermanfaat untuk Anda!

“Ketika Anda puas hanya menjadi diri sendiri dan tidak membandingkan atau berkompetisi, semua orang akan menghormati Anda.”
Lao Tzu

Hi!

Salah satu kebiasaan destruktif adalah untuk terus-menerus membandingkan hidup Anda dan diri Anda sendiri dengan orang lain dan kehidupan mereka. Anda membandingkan mobil, perumahan, pekerjaan, sepatu, uang, hubungan, popularitas sosial dan sebagainya. Dan pada akhir hari Anda membuat banyak perasaan negatif. Dan mungkin juga di luar diri Anda.

Tapi bagaimana bisa Anda berhenti melakukannya? Atau setidaknya mengendalikan dan menggunakannya dalam cara yang lebih baik? Nah, berikut adalah lima tips yang telah membantu saya.

1. Jadilah baik.

Cara Anda bersikap dan berpikir terhadap orang lain tampaknya memiliki efek besar  pada bagaimana Anda bersikap terhadap diri sendiri dan berpikir tentang diri Anda. Anggap orang lebih baik dan Anda cenderung untuk menilai diri Anda lebih. Jadilah lebih baik kepada orang lain dan membantu mereka dan Anda cenderung lebih baik dan bermanfaat untuk diri sendiri.

Perhitungan intuitif sederhana mungkin, tapi sesuai pengalaman saya. Semakin Anda mencintai orang lain, semakin Anda mencintai diri sendiri.

Jadi memfokuskan pikiran Anda pada membantu orang-orang dan menjadi baik. Hal ini sangat membantu untuk menjauh dari menilai diri sendiri dan orang lain begitu banyak. Dan fokus pada hal-hal positif di diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Anda menjadi lebih OK dengan diri sendiri dan orang-orang di dunia Anda, bukan peringkat mereka dan diri Anda sendiri dan menciptakan perbedaan dalam pikiran Anda.

Anda OK dan begitu juga mereka.

2. Jangan jatuh ke dalam perangkap pahlawan.

Ketika Anda mulai untuk membuat mitos dari orang – meskipun mereka mungkin telah menghasilkan hasil yang luar biasa – Anda menjalankan resiko menjadi terputus dari mereka. Anda dapat mulai merasa seperti Anda tidak pernah bisa mencapai hal-hal serupa yang mereka lakukan karena mereka begitu sangat berbeda. Jadi penting untuk diingat bahwa setiap orang hanya seorang manusia tidak peduli siapa mereka.

Bila Anda memiliki beberapa pahlawan Anda cenderung berpikir lebih lanjut tentang sebaliknya juga. Dan tempatkan orang ke dalam folder hitam putih. Anda dapat membuat penjahat-seperti gambar orang di dunia Anda.

Tapi sebenarnya, hal-hal bisa agak berantakan. Menempatkan seseorang di atas atau membuatnya sebagai penjahat  menciptakan hambatan di kepala  dan kehidupan Anda. Ini dapat memberikan rasa yang benar. Tapi itu bisa menghambat Anda dari pengalaman positif juga.

Keterbukaan  dalam jangka panjang lebih menyenangkan daripada menjadi menghakimi.

3. Hanya menyadari bahwa Anda tidak bisa menang.

Hanya menyadari ini dapat membantu. Tidak peduli apa yang Anda lakukan Anda dapat cukup banyak selalu menemukan orang lain di dunia yang memiliki lebih dari Anda atau lebih baik daripada Anda pada sesuatu. Ya, Anda mungkin merasa baik untuk sementara waktu ketika Anda mendapatkan mobil yang lebih bagus dari  tetangga. Tapi satu atau dua minggu kemudian Anda akan melihat seseorang dari blok berikutnya dengan mobil bahkan lebih bagus dari Anda.

4. Ikhlaslah dari membandingkan.

Jika Anda tidak bisa berhenti melakukan perbandingan negatif maka berhenti melakukan keduanya.

Karena jika Anda berada di ruang atas di mana Anda membandingkan untuk merasa lebih baik tentang diri sendiri maka sulit untuk menghentikannya dan juga mulai membandingkan dengan cara yang membuat Anda merasa lebih buruk dan inferior. Jadi Anda mungkin perlu melangkah keluar dari kebiasaan membandingkan keseluruhan karena kedua belah pihak sering terhubung. Ikhlaslah untuk bisa menjauh dari sisi negatifnya.

5. Bandingkan diri Anda kepada diri sendiri.

Daripada membandingkan diri Anda dengan orang lain menciptakan kebiasaan membandingkan diri Anda kepada diri sendiri. Lihat berapa banyak Anda telah tumbuh, apa yang telah dicapai dan apa kemajuan yang telah Anda buat menuju tujuan Anda.

Kebiasaan ini memiliki manfaat untuk menciptakan rasa terima kasih, apresiasi dan kasih terhadap diri Anda seperti yang Anda amati seberapa jauh Anda telah datang, hambatan Anda telah mengatasi dan hal-hal yang baik yang telah Anda lakukan. Anda merasa baik tentang diri tanpa harus berpikir kurang dari orang lain.

Bonus tip: Gunakan membantu perbandingan.

Jadi, apakah tidak ada perbandingan yang bermanfaat yang Anda lakukan antara diri sendiri dan orang lain? Tentu ada. Satu latihan saya gunakan ketika saya misalnya mengasihani diri sendiri adalah dengan bertanya pada diri sendiri:

“Apakah seseorang yang memiliki lebih buruk di planet ini?”

Jawabannya mungkin tidak menghasilkan pikiran positif, tetapi pastikan Anda dapat snap dari agak kekanak-kanakan “miskin, saya miskin …” Sikap cukup cepat. Saya memahami bahwa saya harus banyak bersyukur dalam hidup saya.

Pertanyaan ini mengubah perspektif saya dari satu, sempit egois menjadi satu yang lebih luas. Ini membantu saya untuk meringankan tentang situasi saya.

Tetapi jika melakukan perbandingan seperti membantu juga membawa Anda untuk terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain dengan cara yang negatif maka Anda mungkin perlu untuk berhenti dan menyerah kebiasaan membandingkan sama sekali seperti yang saya sebutkan di ujung # 4.

Dan kemudian nanti, suatu saat nanti, ketika pikiran Anda lebih damai dan positif, Anda mungkin ingin memasukkan pertanyaan seperti di atas. Atau tidak. Bereksperimen dan menemukan keseimbangan dan cara yang bekerja untuk Anda.

Saya berharap bahwa email ini akan membantu Anda untuk mengganti kebiasaan destruktif dengan sesuatu yang lebih bermanfaat,

Henrik

Advertisements

2 thoughts on “Rahasia Hidup Bahagia atau Hancur dengan Membandingkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s